Buku-Buku Berkesan Yang Saya Baca Di Tahun 2016

Saturday, December 31, 2016

Iya, saya tau. Judulnya kepanjangan. Konon, salah satu kesulitan saat menulis catatan di blog adalah menjudulinya. Karena saya bingung mau njudulin apa, maka jadilah judul sebagaimana di atas.

Singkat cerita demikian.

Di tahun 2016 ini ada beberapa buku yang menarik perhatian saya. Mulai dari tema agama, komunikasi, novel, sastra, politik, prosa, dan tema-tema lain. Tentu tidak semua buku itu saya baca sampai tuntas dari awal sampai akhir, karena ada buku yang saya baca karena pingin tau tentang tema tertentu dan ada juga buku-buku yang menarik perhatian saya sejak lama tapi baru berhasil saya miliki di tahun 2016 ini.

Oh iya, saya kurang begitu mengikuti buku-buku rilisan terbaru. Jadi harap maklum kalau daftar ini hanya akan memuat buku-buku terbitan lama karena saya memang lebih sering ngubek-ngubek toko buku lawas ketimbang ke toko buku anyar yang ada di pusat-pusat perbelanjaan itu. Kalaupun ke sana, itu juga karena lagi ada diskonan atawa cuci gudang, hehe. Baiklah, berikut adalah daftarnya. Numerisasi tidak menunjukkan urutan bagus tidaknya buku.

  1. Mimpi-Mimpi Einstein oleh Alan Lightman.
  2. Atas Nama Tuhan oleh Khaled Abou el Fadl.
  3. Orientalis dan Diabolisme Pemikiran oleh Dr. Syamsuddin Arif.
  4. Sufi-Sufi Diaspora oleh Jamal Malik dan John Hinnels.
  5. Khawarij dan Syiah oleh Dr. Ali Muhammad Ash Shalabi.
  6. Analisis Wacana oleh Eriyanto.
  7. Kooong oleh Iwan Simatupang.
  8. Sebuah Perkawinan oleh Nasjah Djamin.
  9. Mati Ketawa Cara Rusia oleh Zhanna Dolgopolova.
  10. Bagaimana si Miskin Mati oleh George Orwell.
  11. Ghirah oleh Buya Hamka.
  12. Pribadi dan Martabat oleh Rusydi Hamka.
  13. Al Hikam oleh Ibnu Athaillah.
  14. Islam Lawan Fanatisme dan Toleransi oleh Khurshid Ahmed.
  15. Masa Lalu Yang Membunuh Masa Depan oleh Yudi Latif.
  16. Hikayat Karya Gagal oleh Yusuf Maulana.
  17. Peran Intelektual oleh Edward D. Said.
  18. Konservatif Ilmiah oleh Yusuf Maulana.
  19. Saya Tidak Ingin Kaya Tapi Harus Kaya oleh Aa Gym.
  20. The Fall of The Khilafah oleh Eugene Rogan.
  21. How The World Works oleh Noam Chomsky.
  22. Yang Terpasung oleh Czeslaw Milosz.
  23. Sang Ayatollah oleh Hadi Khorsandi.
  24. Postkomodifikasi Media oleh Syaiful Halim.
  25. Dialog Sunni Syiah oleh A. Syarafuddin Al Musawi.
  26. Agama Dalam Bayang-Bayang Relativisme oleh Prof. Gregory Baum.
  27. Saya Berambisi Menjadi Presiden oleh Bur Rasuanto.
  28. Soekarno Sebagi Manusia oleh Im Yang Tjoe.

Tadinya mau saya tulis kesan-kesan singkat terhadap buku-buku itu tapi saya urungkan karena beberapa buku sudah pernah saya tulis kesan-kesannya secara singkat di facebook. Kurang lebihnya begitu. Bagaimana dengan sampeyan? [libridiary]





Saaba, Desember 2016

You Might Also Like

0 comments