Asyiknya Belanja Buku Bekas di Ebay

Saturday, April 20, 2013





Hari libur begini emang paling enak mbahas soal buku.

Ketika angin dari laut bertiup sepoi-sepoi. Saat langit berwarna biru cerah, nyaris tanpa awan. Di sebuah teras yang menghadap ke lautan lepas, sambil duduk di atas kursi rotan, bertemankan es kelapa muda rasa gula aren, mengiringi sebuah salah satu ritual paling purba sejagat: baca buku. Rasanya? Majestic!

Akhir-akhir ini saya lagi keranjingan beli buku dari ebay. Ebay adalah situs jual beli internasional di internet yang menyediakan banyak banget barang, termasuk buku. Ternyata, ada banyak sekali buku-buku sekenan yang masih dalam kondisi bagus, layak baca, dan so pasti harganya murah (ini yang paling penting).

Apa itu ebay? Googleable.

Cara transaksinya gimana sih? Ya kayak jual beli biasa, cuman metode pembayarannya pake paypal.

Paypal? Apaan tuh? Googleable!

Lanjut ke buku.

Buku-buku yang dalam kondisi barunya bisa berharga 150-200 ribu rupiah per buah – belum termasuk ongkir ke indonesia – bisa saya dapatkan dengan banderol nyaris lima belas ribu rupiah per buah, belum termasuk ongkir ke Indonesia yang jumlahnya sekitar enam puluh ribuan rupiah. Selama ini saya jajan buku-buku londo-nya di amazon dengan harga yang agak mahal (abaikan). Di ebay, saya serasa dapet 'mainan' baru dengan harga super ekonomis.

Di ebay pula ada banyak seller buku yang menjual bukunya dalam bentuk wholesale atau bundle atau joblot. Borongan, gitu. Jadi misal ada satu paket berisi sekitar seratus buku dibanderol dengan harga “cuma” 50 pounds! Atau yang lebih gokil, ada yang menjual buku dengan sistem per kontainer. Harganya? Super miring! Cuman ongkir ke Indonesia-nya aja yang bikin jantungan hehe... Gak percaya? Coba aja searching di ebay dengan keyword “wholesale book”, “bundle book”, atau “joblot book”.

Akhir-akhir ini, saya ngetes mbeli beberapa buku sekenan nan murmer itu di ebay. Hasilnya? Not bad. Very worthed to buy lah. Dan saya juga bisa dapetin buku-buku favorit saya yang belum terbit di Indonesia, lebih tepatnya belum diterjemahkan, atau beberapa buku karangan penulis lokal dalam versi bahasa asingnya.

Mau nyoba hunting buku jadul di ebay tapi nggak punya kartu kredit atau paypal?

Saya bisa bantu beliin – halah malah promosi, hehe.


Selamat berakhir pekan. Selamat membaca buku. [perpustakaanpribadiku.blogspot.com]


Kilongan, April 2013 

You Might Also Like

0 comments